PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE BUKALAPAK / SUCI RAMADHANI MURTI ALAWIAH / 19210111 / PEMBIMBING : VERA CLARA SIMANJUNTAK

ALAWIAH, SUCI RAMADHANI MURTI (2025) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE BUKALAPAK / SUCI RAMADHANI MURTI ALAWIAH / 19210111 / PEMBIMBING : VERA CLARA SIMANJUNTAK. FEKBIS UNIVERSITAS BINANIAGA INDONESIA, BOGOR.

[thumbnail of Pengesahan] Text (Pengesahan)
SKRIPSI SUCI RAMADHANI MURTI ALAWIAH .pdf - Published Version

Download (559kB)
[thumbnail of Cover] Text (Cover)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-COVER.pdf - Published Version

Download (287kB)
[thumbnail of Bab I Pendahuluan] Text (Bab I Pendahuluan)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-BAB-I.pdf - Published Version

Download (385kB)
[thumbnail of Bab II Tinjauan Pustaka] Text (Bab II Tinjauan Pustaka)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-BAB-II.pdf - Published Version

Download (750kB)
[thumbnail of Bab III Metode Penelitian] Text (Bab III Metode Penelitian)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-BAB-III.pdf - Published Version

Download (485kB)
[thumbnail of Bab IV Hasil Dan Pembahasan] Text (Bab IV Hasil Dan Pembahasan)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (750kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V Kesimpulan Dan Saran] Text (Bab V Kesimpulan Dan Saran)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-BAB-V.pdf - Published Version

Download (53kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (283kB)
[thumbnail of Jurnal Skripsi Pemasaran] Text (Jurnal Skripsi Pemasaran)
JURNAL-SUCI-RAMADHANI-FINAL.pdf - Published Version

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review, online customer rating, dan brand trust terhadap keputusan pembelian pada marketplace Bukalapak. Latar belakang penelitian didasari oleh meningkatnya aktivitas belanja online dan semakin tingginya peran ulasan, penilaian konsumen, serta kepercayaan merek dalam menentukan keputusan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada responden pengguna Bukalapak. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, online customer rating juga memberikan pengaruh positif dan signifikan, serta brand trust terbukti memiliki pengaruh yang dominan dalam meningkatkan keputusan
pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya peran ulasan dan rating konsumen sebagai indikator kualitas produk maupun layanan, serta kepercayaan merek sebagai faktor utama dalam menciptakan keyakinan konsumen untuk bertransaksi di platform e-commerce. Dengan demikian, manajemen Bukalapak perlu meningkatkan kualitas layanan, memperkuat citra merek, serta mengoptimalkan sistem ulasan dan rating guna mendorong keputusan pembelian konsumen

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Online Customer Review, Online Customer Rating, BrandTrust, dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > Marketing Channels
Depositing User: badru badru badrudin
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:29
Last Modified: 05 Dec 2025 03:32
URI: http://fekbis.repository.unbin.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item
View Item