ALAWIAH, SUCI RAMADHANI MURTI (2025) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE BUKALAPAK / SUCI RAMADHANI MURTI ALAWIAH / 19210111 / PEMBIMBING : VERA CLARA SIMANJUNTAK. FEKBIS UNIVERSITAS BINANIAGA INDONESIA, BOGOR.
SKRIPSI SUCI RAMADHANI MURTI ALAWIAH .pdf - Published Version
Download (559kB)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-COVER.pdf - Published Version
Download (287kB)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-BAB-I.pdf - Published Version
Download (385kB)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-BAB-II.pdf - Published Version
Download (750kB)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-BAB-III.pdf - Published Version
Download (485kB)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (750kB) | Request a copy
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-BAB-V.pdf - Published Version
Download (53kB)
SKRIPSI-SUCI-RAMADHANI-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (283kB)
JURNAL-SUCI-RAMADHANI-FINAL.pdf - Published Version
Download (423kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review, online customer rating, dan brand trust terhadap keputusan pembelian pada marketplace Bukalapak. Latar belakang penelitian didasari oleh meningkatnya aktivitas belanja online dan semakin tingginya peran ulasan, penilaian konsumen, serta kepercayaan merek dalam menentukan keputusan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada responden pengguna Bukalapak. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, online customer rating juga memberikan pengaruh positif dan signifikan, serta brand trust terbukti memiliki pengaruh yang dominan dalam meningkatkan keputusan
pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya peran ulasan dan rating konsumen sebagai indikator kualitas produk maupun layanan, serta kepercayaan merek sebagai faktor utama dalam menciptakan keyakinan konsumen untuk bertransaksi di platform e-commerce. Dengan demikian, manajemen Bukalapak perlu meningkatkan kualitas layanan, memperkuat citra merek, serta mengoptimalkan sistem ulasan dan rating guna mendorong keputusan pembelian konsumen
| Item Type: | Other |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Online Customer Review, Online Customer Rating, BrandTrust, dan Keputusan Pembelian |
| Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > Marketing Channels |
| Depositing User: | badru badru badrudin |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 03:29 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 03:32 |
| URI: | http://fekbis.repository.unbin.ac.id/id/eprint/597 |
