PENENTUAN JUMLAH TELLER YANG MAKSIMAL BERDASARKAN METODE ANTRIAN PADA PT BNI (PERSERO) TBK. KCU BOGOR / EVA APRIANI / S1-2013007 / PEMBIMBING I : YULI ANWAR / PEMBIMBING II : DEDY MULYADI

APRIANI, EVA (2017) PENENTUAN JUMLAH TELLER YANG MAKSIMAL BERDASARKAN METODE ANTRIAN PADA PT BNI (PERSERO) TBK. KCU BOGOR / EVA APRIANI / S1-2013007 / PEMBIMBING I : YULI ANWAR / PEMBIMBING II : DEDY MULYADI. UNIVERSITAS BINANIAGA INDONESIA, BOGOR.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (155kB)
[thumbnail of Bab I Pendahuluan] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (82kB)
[thumbnail of Bab II Studi Pustaka] Text (Bab II Studi Pustaka)
Bab II Studi Pustaka.pdf - Published Version

Download (289kB)
[thumbnail of Bab III Metode Penelitian] Text (Bab III Metode Penelitian)
Bab III Metode Penelitian.pdf - Published Version

Download (226kB)
[thumbnail of Bab IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan] Text (Bab IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan)
Bab IV Hasil Penelitian Dan Pembahasan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V Kesimpulan Dan Saran] Text (Bab V Kesimpulan Dan Saran)
Bab V Kesimpulan Dan Saran.pdf - Published Version

Download (193kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (56kB)

Abstract

Antrian merupakan kegiatan menunggu giliran untuk dilayani. Kegiatan antri timbul karena jumlah fasilitas pelayanan jasa lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah orang yang Memerlukan pelayanan yang bersangkutan. Dalam suatu antrian, fenomena menunggu merupakan akibat dari kedatangan konsumen dan waktu pelayanan yang tidak seimbang. Penggunaan model antrian dapat membantu pihak manajemen dalam
menentukan jumlah kasir yang maksimal pada sistem pembayaran di PT BNI (Persero) Tbk. KCU Bogor. Dalam penelitian ini digunakan analisis sistem jalur berganda (M/M/S/I/I).
Dimana M (antrian) kedatangan mengikuti suatu distribusi probabilitas Poisson. M kedua menunjukan bahwa tingkat pelayanan mengikuti suatu probabilitas Poisson. S (fasilitas
pelayanan) menunjukan jumlah pelayanan (channel) dalam sistem tidak terbatas. I pertama berarti sumber populasinya tidak terbatas dan I kedua berarti kepanjangan antrian
tidak terbatas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kinerja teller dalam melayani nasabah sudah cukup maksimal dimana teller sudah melakukan pelayanan sesuai dengan
standar perusahaa dan jumlah teller yang beroperasi sudah maksimal pada setiap jamnya sehingga tidak perlu dilakukan penambahan teller.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Metode Antrian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: badru badru badrudin
Date Deposited: 06 Apr 2023 05:52
Last Modified: 06 Apr 2023 05:54
URI: http://fekbis.repository.unbin.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item
View Item