PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING ( STUDI KASUS PADA UKM ALAT PERAGA PENDIDIKAN DI KOTA DAN KABUPATEN BOGOR ) / MUHHAMAD BAGUS SATRIO / S1 -0216.042 / PEMBIMBING I : PRIYO WISMANTORO / PEMBIMBING II : YUSTIANA WARDHANI

SATRIO, MUHHAMAD BAGUS (2020) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING ( STUDI KASUS PADA UKM ALAT PERAGA PENDIDIKAN DI KOTA DAN KABUPATEN BOGOR ) / MUHHAMAD BAGUS SATRIO / S1 -0216.042 / PEMBIMBING I : PRIYO WISMANTORO / PEMBIMBING II : YUSTIANA WARDHANI. UNIVERSITAS BINANIAGA INDONESIA, BOGOR.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER.B.pdf - Published Version

Download (368kB)
[thumbnail of Bab I Pendahuluan] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.B.pdf - Published Version

Download (308kB)
[thumbnail of Bab II Tinjauan Pustaka] Text (Bab II Tinjauan Pustaka)
BAB II.B.pdf - Published Version

Download (404kB)
[thumbnail of Bab III Metodologi Penelitian] Text (Bab III Metodologi Penelitian)
BAB III.B.pdf - Published Version

Download (308kB)
[thumbnail of Bab IV Analisis Dan Pembahasan] Text (Bab IV Analisis Dan Pembahasan)
BAB IV.B.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V Kesimpulan Dan Saran] Text (Bab V Kesimpulan Dan Saran)
BAB V.B.pdf - Published Version

Download (208kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.B.pdf - Published Version

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaaan orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing pada UKM alat peraga
pendidikan di Kota dan Kabupaten Bogor. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu para pengusaha alat peraga pendidikan di Kota dan Kabupaten Bogor, dimana
sampel yang diambil yaitu sebanyak 100 responden dengan Teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Metodologi penelitian yang digunakan adalah
metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, dengan metode analisis regresi linier
berganda dengan menggunakan perangkat komputer dengan aplikasi SPSS 23. Hasil
analisis refresi berganda didapatkan persamaan regresi Y = 11,737 + 0,305 X1 + 0,151 X2 + e. Hal ini berarti variabel orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Sedangkan untuk hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung
orientasi kewirausahaan (X1) sebesar 3,826 dengan tingkat signifikansi 0,000, untuk orientasi pasar (X2) thitung sebesar 2,405 dengan tingkat signifikansi 0,018. Dengan
demikian berarti hasil dari analisis uji t menyatakan hasil signifikan untuk semua variabel dan hipotesis diterima. Hasil analisis regresi berganda menunjukan nilai koefisien
determinasi sebesar 0,275 yang berarti orientasi kewirausahaan dan orietasi pasar mempengaruhi keunggulan bersaing sebesar 28% sedangkan 72% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Bersaing, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: badru badru badrudin
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:47
Last Modified: 09 Jan 2023 07:47
URI: http://fekbis.repository.unbin.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item
View Item